CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

28 Mar 2013

the first my "black forest"

uda seminggu ini berkecimpung dengan dunia ke-bakery-an. hahaha coba-coba meraup rejeki (lumayan buat tamba biaya kuliah) dari hobby bikin kue dan seringnya bantu2 si ibuk bikin kue pesenan, akhirnya kemaren bisa juga produksi sendiri, uh..jerih payah yang sungguh luar biasa. si brownies yang dijual di pasar minggu dan dijajakan ke tetangga2 sekitar rumah bisa habis juga...alhamndulilah^^
minggu pertama lumayan berhasil, meskipun panas-panasan dan ketemu dengan orang2 yg sedikit nyebelin (cuma liat2, nyicip, nyibir & akhirnya gak beli T_T huhuhuhu beginikah rasanya jualan?). ah tak apa semua ada jalannya masing2..rejeki suda ada yang mengatur

kemaren, ada pesenan dari temen untuk buatin kue ulang tahun, aku tawarin blackforest biar rada kece dikit. hehehe..sebenernya deadline acaranya mepet banget, tapi okelah aku terima aja, toh aku dines di puskesmas cuma pagi doank. siiipp^^ ini "bondo" nekaat, karena baru pertama kali buat blackforest. akhirnya karena gak pernah buat blackforest dan masi dikira2 bahannya apa aja, ditotalpun ketemu harga sekian. okeh, si temen setuju (aku selalu takut buat nentuin harga, takut kemahalan ato malah kemurahan).
setelah searching2 buat model garnis yang simple tapi kece badai akhirnya pilihanpun ditentuin pada model pagar+pita. bahan2 sudah terkumpul waktunya bikiiiiin si hitam unyu-unyu ini. hohohoho. karena yang dipesen blackforest ukuran medium (loyangku adanya diameter 18 cm) makanya, resepnya aku bikin cuma separo dari resep aslinya. jadinya paaasss banget. hebat kan aku? jiaaaah padahal pas manggang takut tengahnya gak mateng karena adonannya aku tumplek blek jadi satu loyang (di resepnya dipisah jadi 2 loyang). tapi karena aku pinter (kwakakakakakak) aku pake' api atas-bawah (diatas oven aku kasi areng panas, jadi kaya' bikin sate gitu..kipaass~kipasss~) & sekitar 25-30 menit si hitam unyu-unyu pun akhirnya MATEENG pemirsah dan sempuurnaa !! yeyeyeyeyyeye

bocoran yah, aku kasih resepnya buat blackforest ukuran diameter 18 cm :

bahan :
4 butir telur
30 gr coklat bubuk
20 gr maizena
50 gr terigu
1/2 sdm Sponge-28 (bisa di hilangkan atau diganti dengan emulsifier)
50 gr mentega, lelehkan,dinginkan.
100 gr gula pasir
¼ sdt vanilli
500 gr whipped cream yang sudah dikocok kaku
100 gr dark cooking chocolate
3 buah cherry

 cara membuat :
1. Campur terigu, coklat bubuk dan maizena, aduk rata
2. Kocok telur, gula dan Sponge-28 hingga mengembang dan kental, masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk hingga tercampur rata, masukkan mentega leleh aduk rata
3. Tuang dalam loyang bulat kotak ukuran 18 x 7 cm, oven hingga matang, dinginkan.

waktunyaaaa menggarnis...ini bagian paling menyenangkan dalam proses pembuatan kue (rasanya ada aura positif gitu pas nyampe' part ini. hohoho lebay--") menggarnis ini juga menghabiskan waktu paliing lama lho bahkan saking lamanya jadi brasa ngerjain soal ujian semester yang soalnya susah2, butuh konsentrasi dan pemikiran gituu..menurut aku sih bagian menghias kue ini tergantung selera kita aja, maunya yang kaya apa, kalo punyaku ini si menurutku juga cukup sederhana, walau biayanya lebih sedikit mahal ketimbang yang disiram coklat doank. sayangnya, coklat pager buat di belakang cerrynya itu sebenernya bagus, pas mau packing di kerdus..kreek~ coklat pagarnya patah. hiks T_T

itu dia hasil black forest buatanku...sedikit kurang puas sih sama hasilnya, tapi lumayanlah buat pemula, hehehe temenku juga suka kok..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar