CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

8 Mar 2013

Bolero batik

Saya bingung kali ini mau posting tentang apa, akhirnya Cuma searching2 gak jelas di si mbah google, dan hasilnya saya malah liat baju-baju yang lagi nge-trend tahun 2013 (padahal ini udah masuk bulan ke-3 ya.ckckck). nah saya putuskan untuk memposting fashion yang saya temukan hari ini saja. Kebetulan juga akhir-akhir ini saya dan keluarga oneng (sebutan untuk geng kami^^) lagi seneng bikin baju sendiri..lebih tepatnya sih kita minim budget buat beli baju jadi akhirnya ya nyari bahannya buat dijahitin sendiri. Hehehe maklum kita mahasiswa kere....
Tapi jangan salah, baju-baju kita (yang bikin dengan kreasi sendiri) ternyata lebih keren ketimbang beli jadi. Karena pertama gini, kalo kita bikin baju sendiri kita bisa mengkreasikan model yang kita pengen. Boleh kita nyari model baju yang lagi ngetrend saat ini ato yang lagi dipengen. Nah, abis itu beli deh bahan kainnya. Mau cari yang murah sampe mahal juga ada tergantung kantong kita. Kedua, baju bikin sendiri itu ternyata lebih fashionable ketimbang yang ada di toko-toko. Kenapa? Karena hasil kreasi kita ya ga ada model di toko yang sama dengan punya kita. Singkat cerita nih, waktu keluarga oneng bikin blezer batik dengan model sama tapi warna beda-beda dan pas dipake bareng-bareng di kampus eh temen-temen pada banyak yang pengen. Akhirnya setelah kita pake blezer batik kita, banyak temen-temen yang niru model kita (ih, dasar bajidor plagiat).  Ketiga, lebih murah ! ini yang terpenting buat mahasiswa-mahasiswa kere macam kita ini. Hehehe tapi sebenernya tergantung baju yang kita bikin sih. Kalo bahannya bagus ya emang lebih mahal, tapi gak semua yang mahal itu bagus dan gak semua yang sederhana dan murah itu jelek lho. Terakhir, saya bersama keluarga oneng sedang punya project bikin gaun resmi brokat. Hasilnya bagus banget, tapi lumayan menghabiskan duit banyak. Untuk beli bahannya saja udah hampir habis duit 2oo ribuan, tapi brokatnya emang bagus sih. Ini dikarenakan kain brokat yang mahal trus penjahitnya juga narget ongkos lebih dari biasanya karena jahit brokat itu lumayan susah. 

Kali ini saya akan membagi sedikit inpo tentang “bolero batik”. Ini juga termasuk project keluarga oneng yang sedang berjalan. Langkah pertama, kita kenalkan apa itu bolero? Bolero itu semacam baju lengan pendek ato bisa deh saya sebut rompi modern. Hehehe itu langsung liat aja di gambar atas itu arikan sendiri menurut pemikiran kalian ^^. nah, kalo kita mau bikin bolero batik ini pertama yang harus diperhatikan adalah ukuran dan postur tubuh kita untuk nyocokin model dari bolero tersebut. Misalnya, postur tubuh pendek hindari model bolero yang panjang, karena akan semakin kelihatan pendek buat yang make’. Jadi model boleronya jangan panjang-panjang sampe selutut cukup ato persis dibawah perut aja. Bisa juga di kombinasi dengan lekukan di belakang yang agak memendek ke atas gitu (gambar biru). Kalo untuk postur tubuh tinggi, boleh dengan model bolero selutut ato panjangan dikit. Untuk modelnya sih terserah, mau di belakang dipanjangin sepinggul juga bagus. Kayanya yang postur tubuhnya tinggi itu flexible bisa model apa aja. (hikss...saya pengen tambah tinggi dong T_T)
Kedua, cari model yang sesuai. Untuk model bolero di atas ini sangat simple, butuh dua bahan batik 2 warna ato kalo ada bisa pake batik yang bolak balik (lebih irit). Untuk pelipit di lengan dan krah depan di bedain warnanya. Kalo bisa sih 2 warna ini yang kontras biar bisa keliatan warnanya dan jadinya lebih bagus. Sebenernya model ini simple banget kok, yakin deh semua penjahit juga bisa bikin. Oh ya, jangan lupa juga pilih penjahit yang bisa dipercaya. Artinya cari penjahit yang udah berpengalaman ato setidaknya kita udah cocok sama hasil dari jahitannya.
Selamat mencoba...mari berkreasi^^
>Salam kreatif<

1 komentar:

  1. wah bagusnya..
    msg2 kainny bth brp meter sist? bolero biru,,

    BalasHapus