CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

25 Mar 2013

pancake


siapa yang belom pernah makan pancake? ah, aku makan pancake juga gak terlalu lama ini kok. berawal dari nonton acara masak-memasak, aku jadi pengen nyoba buat pancake (aku belom nemu di malang ada yang jualan pancake, ato mungkin ada aja cuma akunya yang bego kagak tau) setelah berhasil googling nyari resep pancake, akhirnya aku berani nyoba. dan ternyata resep pancake itu sederhana banget, buatnya juga mudah. tadinya bingung mau pake saus apa, karena biasanya kalo pancake itu dimakan sama saus maple dan aku gak punya saus maple, setelah obrak-abrik isi kulkas, aku nemu coklat masak. ah, pikir-pikir lagi ini coklat pengennya dibuat sausnya tapi kalo gak cair ntar coklatnya malah jadi keras kalo dingin. well, kembali obrak abrik isi kulkas lagi..jeng jeng ketemulah dengan si susu omplong (kaleng). mungkin kalo si coklat dicampur dengan susu jadi bisa cair dan kental. (asiiiik..ide yg bagus). setelah nemu untuk bahan sausnya, kembali lagi dengan sang tokoh utamanya (si pancake). bahannya yang sederhana dan mudah didapat juga salah satu yang bikin aku semangat untuk membuatnya. ini nih bahannya


Bahan Bahan Bikin Pancake

  1. 100 gram tepung terigu
  2. 30 gram susu bubuk
  3. 30 gram gula pasir
  4. 200 ml susu cair full cream
  5. 30 gram margarin, dicairkan
  6. 1 butir telur ayam, dikocok lepas
  7. 1 sendok makan baking powder
Langkah Bikin Pancake
  1. campur tepung terigu, susu bubuk, gula pasir sampai tercampur rata
  2. masukkan telur ayam yang telah dikocok, imbuhkan susu cair serta margarin yang telah dicairkan.
  3. beri baking powder selanjutnya aduk sampai serius tercampur rata.
  4. panaskan wajan kecil anti lengket. beri minyak ato margarin dikit aja
  5. sesudah itu dadar adonan pancake diatas api yang benar-benar kecil
  6. sesudah semua permukaannya berlubang serta tepinya sedikit keras ( enteng untuk dibalikkan ), baru dibalik serta dimasak sebentar saja
  7. jalankan perihal ini sampai adonan habis
nah, pancake udah jadi sekarang tinggal buat sausnya. karena tadi nemunya coklat masak dan susu maka langkah pertama yang dilakukan adalah melelehkan coklatnya. setlah coklatnya mencair, tambahkan susu cairnya (susu kental dicairkan dengan sedikit air) aduk aduk hingga tercampur rata. jika saus dirasa konsistensinya sudah mantep, matikan api. tunggu sedikit dingin dulu. lalu pancake siap disiram dengan saus coklat..hmmm yummiii^^ onengwati juga seneng kalo aku buatin pancake, kalo ada adonanya sisa masi bisa dismipan di kulkas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar